Statistik

Online: 0
Visits today: 38
Total visits: 35831

Merindu Rindu

أشيقة الغروب

Burung kecil hinggap di pelepah pohon kelapa. Dipetiknya satu lembar daun kelapa, lalu ia torehkan sebuah catatan harian di sana:

Aku sudah mengitari satu putaran bumi, seperti janjiku dulu padamu, Awan.
Perjalanan yang menyampaikanku pada satu titik: pemenuhan janji adalah sekaligus saat perpisahan denganmu.
Tak mengapa. Setiap titik rindu menghadirkan semacam keberkahan. Bahkan setiap kerinduan pada
rindu itu sendiri.

Kau tahu, langit itu selalu dikehendaki Sang Maha agar bersih tanpa cela. Karena pada kebersihannyalah, rindu

Selengkapnya…

TEMUAN RAMADAN 1441H

自然と遊ぼう

Jelang sepuluh hari terakhir Ramadan 1441. Ramadan pertama yang kami lalui tidak dengan keluarga lengkap. Si Tengah sudah jadi anak rantau. Meski begitu, ia aktif bercerita dan berdiskusi. Tentang teman-temannya, tentang reaksi-reaksi orang di sekitarnya tentang puasa, tentang telat bangun dan tidak sahur, juga tentang renungan-renungannya.


“Ma, aku Ramadan ini gak ngejar khataman. Aku lebih prioritaskan baca dan merenungi makna yang aku baca.”

“Alhamdulillah, bagus.”

“Ma, setelah lewat lebih separuh Ramadan

Selengkapnya…

PERINDU MAGRIB

PERINDU MAGRIB

Memulai hari dari waktu magrib, saat matahari terbenam. Memulai hari baru dengan istirahat. Karenanya kualitas malam perlu diperhatikan, seksama. Istirahat bukan berarti membuang waktu. Istirahat adalah cara pertama memanfaatkan waktu.

Sebab itulah shalat malam di Ramadan disebut TARWIH. Keluarnya jiwa dari rutinitas untuk merasakan sensasi baru. Mengibaskan jenuh yang menidurkan energi pun kreatifitas.

Memulai hari dengan kegelapan. Terang adalah pengikut setelah gelap yang bernas.

Ramadan mengajarkan manusia untuk memahami dan merindu

Selengkapnya…

Selamat, Neechan

四年生の時の姉ちゃん

Alhamdulillah, kerja keras Kakak membuahkan hasil : menjadi mahasiswa berprestasi di fakultasnya. Di titik ini saya ingin mengatakan: dia mirip ayahnya. Kalau sudah menggariskan cita-cita, biasanya sangat tabah menjalani setiap fasenya.

Ketika mengetahui ada ichirinsha, sepeda roda satu, Neechan bersungguh-sungguh agar bisa terampil menggunakannya. Keterampilan ini masih sempat dia gunakan ketika mencari dana melalui “atraksi” di CFD – Tamrin Sudirman, untuk proyek akademisnya.

Begitu juga ketika dia belajar sakagari, berputar pada palang

Selengkapnya…

Ada Harga Ada Rupa

Ada Harga Ada Rupa

Percobaan kedua membuat “mangkuk brokoli”. Karena hanya punya talam cup-cake anti lengket satu, ukuran 6 lubang, bekas talam kue mini yang ada di dapur coba diberdayakan. Ternyata hasilnya berbeda. Mangkuk brokoli yang dipanggang di talam cup-cake lubang 6, jauh lebih bagus hasilnya daripada yang memakai talam kue mini yang terbuat dari bahan berwarna seng atau aluminium.

Mangkuk brokoli yang dipanggang di cup-cake anti lengket, sangat merata matangnya, sampai di bagian bawahnya. Sedangkan

Selengkapnya…

Teman Bermain Baru: Herbs

良い香り

便利です

Khususnya Si Bungsu, sangat menggemari hidangan yang mengandung herbs. Dia selalu terperanjat akan kelezatan hidangan jika ada tambahan herbsnya. Beberapa kali beli daun mint, gagal menggunakannya secara optimal: dipakai beberapa lembar, sisanya busuk. Karenanya, perlu cari jalan supaya sekali beli, semuanya bisa termanfaatkan dengan lebih baik.

Beberapa herbs ternyata bisa dikembangbiakkan, cukup dengan meletakkan batangnya ke dalam air. Percobaan dimulai. Hari pertama, kedua, ketiga… sepertinya ada harapan. Daun-daunnya tidak

Selengkapnya…

9,5 Tahun Perjalanan

Adakah usai, perjalanan 9,5 tahun
Kiranya ini
hanyalah halte pemberhentian sejenak
Engkau tahu, aku telah tiba di titik sepakat kita
Telah kupenuhi harapmu satu per satu
Mengitari bumi, dan kembali padamu
Untuk berpisah kembali

Terima kasih
Untuk semuanya
يا ربنا لك الحمد كما ينبغي لجلال وجهك وعظيم سلطانك

Mensyukuri Karunia

泳ぎしましょう

Setelah hampir 10 tahun di sini, kemarin adalah “debut-renang” pertama tanpa ada yang menemani. Demi kesembuhan, segala kemalasan dan keengganan harus dilawan. Sudah banyak sekali yang menyarankan saya untuk berenang. Sepertinya lumayan ‘keterlaluan’ tidak mewujudkan penerimaan nasehat itu dalam aksi nyata. Khawatir akan kena semacam karma jika tidak menggubrisnya. Kolam renang kompleks juga sangat bagus dan biasanya sepi.

Sebenarnya niat ini sudah lama, tapi selalu saja tidak jadi karena rasa jengah untuk memulainya. Selalu ingin

Selengkapnya…

Cobaan: Berkaca dari Bawang Putih

الفوم: فيه معان الحياة

Sudah lumrah diketahui umum, bawang putih mengandung khasiat besar untuk stamina tubuh. Dalam Alquran sendiri perihal bawang ini disinggung sebagai aset yang dapat menarik orang untuk melakukan safar demi mendapatkannya (Q.S. 2:61).

Beberapa bulan belakangan, meski mungkin telat, saya baru menemukan cara paling praktis mengupas bawang putih: geprek dulu dengan sisi pisau dan tekanan tangan kanan, setelah itu iris bagian pangkalnya, langsung deh bisa lepas kulitnya. Kalau tidak digeprek dulu, butuh

Selengkapnya…

Senin Pagi

جيد للصحة

Senin pagi adalah waktu yang ‘tidak ringan’; karena dua hari libur di akhir pekan, seringkali jadwal susah diprediksi. Sebagai ibu dan istri, harus siap bermain bersama ‘ombak’ liburan keluarga yang kadang tidak menentu, tergantung ke arah mana angin bertiup dan berapa kecepatannya. Rumah bisa menjadi sangat tidak rapi, karena diajak bepergian tanpa terjadwal rapi sebelumnya. Akibatnya juga, semangat beres-beres menjadi berkurang.

Namun, Islam memberikan alternatif solusi untuk mengurangi tingkat kepayahan hari

Selengkapnya…

Page 1 of 2012345»1020...Last »