Statistik

Online: 0
Visits today: 0
Total visits: 39925

Pesta Launching

عند التسوق

Beberapa hari yang lalu, saya mengajak Suzuki-san makan siang. Ingin menyampaikan rasa terima kasih karena ia sudah berbaik hati mengajari Si Sulung membuat syal, rajutan dari benang wol. Kabarnya, karyanya cukup diapresiasi guru keterampilan di sekolahnya. Alhamdulillah.

Sebenarnya, Suzuki-san sudah lama ingin bertemu. Namun, ia memahami kesibukan kuliah saya, maka pertemuan tersebut ia tunda sampai ujian semester selesai. Namun, kami masih bisa berkomunikasi via online. Beberapa waktu yang lalu, ia mengirimkan satu paragraf berbahasa

Selengkapnya…

ANTARA MEDIA KITA DAN MEDIA MEREKA

Kawamura Kaori. Sumber: lifeinlegacy.com

Hari ini, saya mengamati dua video bersambung tentang perjalanan Kaori Nakamura melawan kanker payudara yang ia idap sejak enam tahun yang lalu. 29 Juli 2010, Kaori menghembuskan nafas terakhir di sebuah rumah sakit di Tokyo. Meninggalkan satu putri berusia tujuh tahun.

Saya melacak berita-berita seputar artis ini. Dan saya menemukan perbedaan nyata antara ‘gaya’ media kita –baca : Indonesia–, dan media mereka –baca : Jepang–.

Kalau Kaori artis Indonesia, bisa

Selengkapnya…

Perspektif Pribadi: Pelajar Indonesia v.s. Pelajar (di) Jepang

Workshop Penulisan @nesia-2009 , Kyoto – Japan

Lagi beres-beres bekas pindahan yang tak kunjung rapi, saya menemukan album kelulusan Tokyo Institut of Technology punya suami. Memandangi foto demi foto para mahasiswa, dari yang tingkat 1 sampai yang lulus S1, yang masih kuliah master, doktor, dan yang lulus, suasana di kampus, tiba-tiba saja saya menganalisa perbedaan antara mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Jepang. Tentu saja, ini tidak sepenuhnya benar. Hanya perspektif pribadi.

Tidak bisa

Selengkapnya…

[Bahasa Indonesia] Satuan Benda

Beberapa hari yang lalu, saat berbincang-bincang dengan Amane-san, ia mengeluhkan betapa sulit memahami aturan penyebutan benda、tentang penggunaan kata sebelum benda yang dihitung itu disebut.

Misalnya:

xx lembar kertas = xx 枚紙

xx buah pena = xx 本ペン

xx biji kurma = xx 個クルマ (稙?)

xx butir telur = xx 個たまご

xx buah buku = xx しゃつ本

xx buah jeruk = xx 個みかん

saya: cuma bisa dengan menghafal, ya.

amane: iya. gurunya tidak bisa bahasa Jepang, jadi tidak bisa menjelaskan lebih panjang lebar sehingga kami tidak bisa menghafal dengan imajinasi yang cukup.

Selengkapnya…

Antara Jepang dan Indonesia, Bincang Ringan

Setelah sempat tertunda selama hampir tiga bulan, kemarin, acara bincang-bincang dengan kawan-kawan Jepang bisa kami adakan lagi. Bertempat di sebuah pusat perbelajanjaan di bilangan Jakarta Selatan, yang haadir cuma dua orang.

Kami sepakat untuk bertemu pada pukul 10.30, tapi karena mengantisipasi kemungkinan macet, saya malah tiba lebih cepat, 10.07. Sambil menunggu, saya memutuskan untuk keliling-keliling. Lapar sebenarnya, belum sempat sarapan karena mengurus anak-anak, suami dan rumah. Tapi enggan juga isi lambung lebih dulu, nanti bakalan pesan menu baru lagi. Jadilah

Selengkapnya…

Tokyo Winter Story (Aplaus Life Magazine)

Tulisan ini dimuat di majalah-koran Aplaus Life Style

TOKYO WINTER STORY
Teks & foto oleh Nesia Andriana Arif

Pernah nonton Tokyo Love Story? Atau animasi Jepang macam Doraemon, Naruto, Conan? Pastinya, film dan animasi Jepang yang pernah diputar di Indonesia itu membuat kamu pengen ke Jepang. Nah, kira-kira seperti apa musim dingin di Jepang dan bagaimana pula dengan tahun barunya?

KOTA-kota besar Jepang punya daya pikat tersendiri di musim dingin, yaitu lampu-lampu penghias kota atau yang dikenal juga dengan istilah illumination. Inilah

Selengkapnya…

Ketidakadilan Jender di Kekaisaran Jepang

[tulisan ini dimuat di : Kompas dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan ]

Laki-laki! Begitu kabar itu merebak di pagi tanggal 6 September lalu, kegembiraan pun meluap di seantero Jepang. Kelahiran bayi laki-laki pasangan Pangeran Akishino dan Putri Kiko itu juga segera menjadi berita utama media asing.

Kantor berita AP memberitakan detik-detik kelahiran sang bayi. BBC, Washington Post, Yahoo, Wikipedia dan media lainnya sudah memperbarui situsnya dengan berita tersebut dalam hitungan menit.

Setelah menunggu 41 tahun, akhirnya keluarga Kaisar Jepang mendapatkan anggota keluarga

Selengkapnya…

Membudayakan Sampah di Jepang

[Tulisan ini Media Indonesia Online bulan Desember]

TAHUN ajaran baru di Jepang dimulai setiap April. Kegiatan sekolah, kantor, pemerintahan, sampai urusan sampah, juga diperbarui per-1 April. Termasuk di Kota Fujisawa, Provinsi Kanagawa.

Sejak musim gugur 2006, tepatnya sekitar Oktober – November, pemerintah Kota Fujisawa membagikan selebaran tentang perubahan aturan membuang sampah. Bila tahun itu membuang sampah bisa memakai kantong plastik apa saja asalkan transparan, maka mulai 1 April tahun berikutnya, diwajibkan memakai kantong plastik khusus yang harus dibeli sendiri.

Enam bulan

Selengkapnya…

Bunga Tandingan Sakura

[Tulisan ini dimuat di Media Indonesia Online bulan Desember]

ORANG yang tidak tinggal di Jepang, mungkin menganggap sakura adalah satu-satunya bunga yang paling pantas mewakili negeri ini, untuk situasi dan kondisi apapun. Barangkali banyak yang kemudian kaget mengetahui bahwa tidak ada literatur yang secara tegas menyatakan asal-muasal sakura adalah hanya dari Jepang. Beberapa sumber lain malah menyatakan bahwa sakura adalah bunga asli dari China, Korea, India dan Jepang.

Memang, Jepang adalah negara yang memberi perhatian sangat besar pada tumbuhan berfamili

Selengkapnya…

Poin Eko: Gerakan Ramah Lingkungan

[Tulisan ini dimuat di Media Indonesia Online bulan Desember]

“TIDAK perlu kantong plastik,” terdengar suara cadel seorang anak perempuan. Kasir bermata sipit berkulit putih kekuningan dengan kain penutup kepala itu diam menatap wanita dewasa di samping anak itu. Ia seperti tidak tahu bagaimana bersikap terhadap perkataan anak kecil yang menolak kantong plastik itu.

“Tidak perlu kantong plastik,” perempuan dewasa itu mengulangi perkataan si anak kecil, bernada membenarkan.

“Terima kasih atas suport Anda. Kami akan menambahkan poin-eko,” sahut kasir.

“Chi-chan, hebat, ya. Makasih.

Selengkapnya…

Page 1 of 212»