Statistik

Online: 0
Visits today: 0
Total visits: 39925

ANTARA MEDIA KITA DAN MEDIA MEREKA

Kawamura Kaori. Sumber: lifeinlegacy.com

Hari ini, saya mengamati dua video bersambung tentang perjalanan Kaori Nakamura melawan kanker payudara yang ia idap sejak enam tahun yang lalu. 29 Juli 2010, Kaori menghembuskan nafas terakhir di sebuah rumah sakit di Tokyo. Meninggalkan satu putri berusia tujuh tahun.

Saya melacak berita-berita seputar artis ini. Dan saya menemukan perbedaan nyata antara ‘gaya’ media kita –baca : Indonesia–, dan media mereka –baca : Jepang–.

Kalau Kaori artis Indonesia, bisa

Selengkapnya…

MENULIS: KAPAN?

Spot to Think @nesia-2011 Cipayung

Telepon dari penerbit datang lagi. Kembali, hanya maaf yang bisa saya sampaikan. Sudah lewat setahun sejak saya mengiyakan permintaan-naskah dari mereka. Tidak terpenuhinya janji yang satu ini membuat saya merasa sangat bersalah. Apalagi, ada yang membisiki saya, “Sarjana itu banyak. Tapi sedikit yang bisa jadi penulis. Sudahlah. Ngapain sih kuliah. Baca buku saja kan, bisa.”

Saat libur panjang tiba, godaan berhenti kuliah datang sangat kuat. Apalagi bila ritme

Selengkapnya…

Perspektif Pribadi: Pelajar Indonesia v.s. Pelajar (di) Jepang

Workshop Penulisan @nesia-2009 , Kyoto – Japan

Lagi beres-beres bekas pindahan yang tak kunjung rapi, saya menemukan album kelulusan Tokyo Institut of Technology punya suami. Memandangi foto demi foto para mahasiswa, dari yang tingkat 1 sampai yang lulus S1, yang masih kuliah master, doktor, dan yang lulus, suasana di kampus, tiba-tiba saja saya menganalisa perbedaan antara mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Jepang. Tentu saja, ini tidak sepenuhnya benar. Hanya perspektif pribadi.

Tidak bisa

Selengkapnya…

Bawang Merah, Bawang Putih

::Gila Buku::Tokyo Book Fair @nesia-2009 , Tokyo

Telepon berdering. Dari seberang, suara seorang perempuan terdengar lelah.

“Aduh, tobat-tobat rasanya ngurusin ntu anak. Gak ada abisnya naek ojek. Udah dikasi duit buat angkot doang, pulang-pulang pake ojek lagi terus minta duit tambahan…!”

Saya hanya bisa terdiam. Saya tahu, perempuan ini hanya membutuhkan telinga yang mau mendengar, bukan mulut yang sok menasehati.

“Ntu anak kebangetan banget dah.

Selengkapnya…

Pacaran

The beauty of children-friendship @nesia-2007 , kanagawa-ken

Subuh yang sunyi. Si Tengah di rumah sepupunya, Si Bungsu saya biarkan lelap –semakin nyenyak bila tidur di kamar mamanya–, Sang Ayah sedang di luar kota. Setumpuk buku dan kertas berserakan di meja makan. Saya masih berkutat dengan artikel yang harus saya selesaikan, ketika Si Sulung datang dan duduk berhadapan dengan saya.

“Mama, jelaskan pada saya, kenapa tidak boleh pacaran.”

Saya menatapnya dalam-dalam. Sosok mungilnya menjelma di kepala.

Selengkapnya…

Luka Jiwa Dua Perempuan Cantik

Dying Sakura @nesia-2009 Yokohama, Sakuragichou

Saya menekan bel di tembok kamar apartemen lantai 15 yang terletak di kawasan Jakarta Selatan. Sebuah papan bertuliskan “Welcome to My Home Sweet Home” dengan hiasan lukisan mawar, tergantung di daun pintu utama yang bernuansa biru. Tak lama kemudian, daun pintu utama terbuka. Muncul wajah perempuan muda di baliknya. Kalung besar berhiaskan batu-batu berwarna logam mengkilap bertengger di lehernya, tepat di atas potongan kerah baju kaos motif macan tutul yang dikenakannya.

Selengkapnya…

“Mereka Orang-Orang Baik!”

3 nin tomo @nesia-2010 , jakarta

“Mama, Mama tadi ketemu gak dengan Mister William?” tanya Si Sulung antusias, usai menghadiri acara buka puasa bersama di sekolahnya, yang juga sekolah Si Tengah.

“Pembimbing Bahasa Inggrisnya Fadel, yah? Yang tadi duduk di samping Fadel?”

“Iya. Mister William itu baik banget, loh!”

“Oya? Rada-rada lebay, kan?” komentar saya spontan.

“Idddiiih… Mama…! Kok dengan gampangnya bilangin orang negatif!”

“Eh? Maksud Mama bukan negatif… Lebay

Selengkapnya…

Suara yang Aneh

Don't take my picture

Jam sudah menunjukkan pukul 19.45. Mungkin, kebanyakan keluarga sudah selesai makan malam. Tapi tidak di rumah kami. Saya hanya berdua dengan Si Bungsu di meja makan. Berseragam sekolah, Si Tengah terlelap di ruang tidur untuk tamu yang bersebelahan dengan ruang makan. Si Tengah dan Si Sulung baru tiba dari sekolah, jam 6 sore tadi. Belum sempat menanyai mereka kenapa telat sekali, yang satu sudah jatuh tertidur, yang satu lagi sudah buru-buru ke atas.

Selengkapnya…

Komunikasi Gak Nyambung

Premium, Artinya?

“Mobil Kakak pakai bensin apa?” tanya seorang famili, beberapa bulan setelah pindah ke tanah air.

Dengan santai saya jawab, “Premium.” Iya dong, masak pakai yang lebih rendah dari premium. Kan harus berempati sama kaum kecil, pikir saya.

Beberapa waktu kemudian, saya sadar bahwa justru “Bensin Premium” itulah bensin bersubsidi yang semestinya hanya untuk kalangan kurang mampu.

Inilah salah satu kelemahan kebanyakan peraturan di Indonesia. Kurang bisa mengerti

Selengkapnya…

Si Anak Pagi

Curious Girl @nesia-2011

Saat bersiap-siap salat subuh, terdengar suara pintu berdebam di lantai atas. Saya dan suami berpandang-pandangan. “Siapa?” gumam suami.

“Si Sulung, kali. Sebel gara-gara lampu di kamarnya dinyalakan. Tadi Mama bangunin biar salat bareng.”

Tak lama kemudian, ada suara kaki menuruni tangga. Lalu, dari balik lemari buku raksasa yang menutupi tangga, muncullah wajah mungil Si Bungsu.

“Mau ikut Bapak!” katanya, sambil menyeret mukenah biru yang baru saya belikan beberapa hari yang lalu.

Selengkapnya…

Page 1 of 212»