Statistik

Online: 0
Visits today: 0
Total visits: 39925

Ala Bisa Karena Biasa: Menulis

والقلم وما يسطرون

Beberapa kawan di kampus sedang berupaya menyelesaikan tugas akhir. Sesekali mereka menanyakan beberapa hal terkait penulisan.

Orang tua, ditulis terpisah atau sambung?”

“Jika yang dimaksud adalah orang yang berusia tua, maka dipisah, karena kata majemuk. Jika yang dimaksud adalah ayah dan ibu, disambung, karena bukan kata majemuk.”

“Teman yang lain bertanya, ‘Bagaimana menurutmu dengan kalimat ini, mereka tidak peduli menikah dengan orang yang dari  keturunan yang baik-baik

Selengkapnya…

Perjalanan

Momiji, nesia@2009

Ketika jari-jari mungil memainkan resital

Yang tak bisa kurenggut dari ceria matanya

Am Dm C G itu mengalun

Mengulang hari

ketika dawai kupetik

Dan Ibunda tersenyum diam-diam

di antara permandian dan perapian

Ibunda tak lagi belia

Tak lagi meminta pun sebuah kidung

Yang ditunggunya lantunan ayat

Adalah kini aku ibunda

Di antara serakan kitab

Am Dm C G itu kembali

Selengkapnya…

[Klipping] Tips Konkrit Belajar Bahasa Arab

Bahasa Terindah

#Catatan lanjutan untuk menjawab pertanyaan seorang kawan.

Berikut beberapa tips belajar bahasa Arab:


A. Terkait Internal Murid

1. Meyakini bahwa belajar bahasa Arab adalah wajib bagi muslim.

2. Meyakini bahwa sebaik-baik bahasa di muka bumi adalah bahasa Arab.

3. Mencontoh gaya belajar anak-anak. Berani dan semangat mencoba, tidak malu atau patah semangat meski tersalah.

4. Tiap kali menemukan kata baru, berusaha menggunakannya dengan membuat kalimat sendiri.

5.

Selengkapnya…

Dua Generasi

أهلا بك من جديد يا أبانا

Semalam, saat mengeloni Si Bungsu menjelang tidur, mendengarkan ceritanya dan menyisir-nyisir rambutnya, sembari menghirup wangi kanak-kanaknya –yang saya sebut sebagai bagian dari wewangian surgawi–, saya sudah merasakan sesuatu yang tidak beres. Suhu badannya agak lebih hangat dari sewajarnya. Tapi tak ada keluhan yang lain, tak ada gejala sakit yang saya lihat, sehingga saya biarkan tak mengeceknya lebih jauh.


“Si Bungsu demam,” kata suami, saat saya

Selengkapnya…

Pesta Launching

عند التسوق

Beberapa hari yang lalu, saya mengajak Suzuki-san makan siang. Ingin menyampaikan rasa terima kasih karena ia sudah berbaik hati mengajari Si Sulung membuat syal, rajutan dari benang wol. Kabarnya, karyanya cukup diapresiasi guru keterampilan di sekolahnya. Alhamdulillah.

Sebenarnya, Suzuki-san sudah lama ingin bertemu. Namun, ia memahami kesibukan kuliah saya, maka pertemuan tersebut ia tunda sampai ujian semester selesai. Namun, kami masih bisa berkomunikasi via online. Beberapa waktu yang lalu, ia mengirimkan satu paragraf berbahasa

Selengkapnya…

[Klipping] Perspektif atas Sesuatu

Bahasa Terindah

Seorang sahabat mengirimkan pesan, “…saya mulai lagi dari awal belajar Bahasa Arab, tolong berikan saya kiat-kiat agar belajar kali ini tidak sia-sia. Mohon langkah-langkah konkritnya.”

Membaca pesan di atas, saya teringat kata-kata Stephen R. Covey dalam bukunya, The 7 Habits of Highly Effective People, terkait permasalahan-permasalahan sosial yang jamak dihadapi umumnya manusia; hubungan keluarga: suami dan istri, orangtua dan anak, hubungan di tempat kerja: atasan dan bawahan; hubungan di sekolah: guru dan

Selengkapnya…

[Klipping] Frekuensi Mengkhatamkan Alquran

اللهم ارحمنا بالقرآن

## Klipping Catatan dari Deactivated Media

Seorang kawan menyiarkan pesan lewat hp tentang kiat mengkhatamkan bacaan Alquran. Dari sebulan sekali, sebulan dua kali, sepekan sekali, sampai hanya sehari.

Teman-teman lain lalu mengomentari bagaimana hukumnya mengkhatamkan Alquran dalam sehari, karena sebagiannya pernah mendengar informasi tentang larangan mengkhatamkan Alquran kurang dari tiga hari.

Seorang teman lain menanyakan ke ustadz-nya dan dijawab sang ustadz, boleh dan digalakkan.

Karena pesan guru saya bahwa ilmu itu adalah

Selengkapnya…

Tentang Pemesanan Buku Ini

Beli di Mana

Belakangan ini saya cukup sering menerima pertanyaan bagaimana membeli atau memesan buku ini, baik lisan maupun tulisan, langsung, via telepon ataupun via email.

Mohon maaf, saya sudah berkali-kali menelepon ke penerbit, dan jawabannya selalu sama, stok sudah habis dan mereka baru akan mau cetak ulang jika ada permintaan 5.000 eksemplar. Tentu ini sulit karena kebutuhan akan jumlah sebanyak itu hanya ada pada agen-agen distributor resmi.

Beberapa pihak menyarankan agar saya minta

Selengkapnya…

[Klipping] Cara Pengangkatan Khalifah Abu Bakar ra.

من أهم الدعاء

##Klipping Catatan dari Deactivated-Media

Seorang keluarga menanyakan tentang bagaimana proses pengangkatan Abu Bakar رضي الله عنه setelah wafatnya Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Salah satu jawabannya dapat dilihat dalam hadis sahih berikut:

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ حَضَرْتُ أَبِي حِينَ أُصِيبَ فَأَثْنَوْا عَلَيْهِ وَقَالُوا جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَالَ رَاغِبٌ وَرَاهِبٌ قَالُوا اسْتَخْلِفْ فَقَالَ أَتَحَمَّلُ  مْرَكُمْ

Selengkapnya…

[Klipping] Hadis Wanita yang Disuapi Ar-Rasul salam 'alaih

Dzaata Lailan fiy Tokyo

##Klipping Catatan dari Deactivated Media##

Seorang saudara menanyakan tentang hadits mengenai Rasulullah صلى الله عليه وسلم memberi makan pengemis buta Yahudi setiap hari. Kisah ini dimuat di sini, deng an teks cerita sebagai berikut:

Suatu hari sahabat terdekat Rasulullah SAW yakni Abubakar RA berkunjung ke rumah anaknya Aisyah RA yang tidak lain tidak bukan merupakan isteri Rasulullah SAW dan beliau bertanya kepada anaknya itu, “Anakku,

Selengkapnya…

Page 1 of 212»