Statistik

Online: 1
Visits today: 94
Total visits: 39925

Teman Baru (2)

سبع بيضات

Ada perubahan, atau tepatnya kemajuan, yang dicapai Si Kukku dan Si Kekke. Tadi pagi, mereka berkokok agak lebih sering sampai waktu salat duha sudah masuk. Saya memerhatikan suaranya, dan saya kira tak akan ada telur hari ini. Namun, setelah bersiap-siap berangkat, saya menengok kandangnya dan ternyata telurnya menjadi tujuh. Rupanya, mereka sudah lebih tenang di tempat baruhnya. Sehingga tampaknya tak  gaduh lagi menjelang keluarnya telur seperti hari-hari sebelumnya.

Saya menandai bahwa kalau kedua

Selengkapnya…

Teman Baru

وَيُرِيكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ…

Dua pekan terakhir anak-anak mendapatkan teman baru. Sepasang “Ayam Pentas”; demikian dinamai karena jalannya seperti sedang pentas, berdiri tegak dengan dada dibusungkan, lalu melangkah anggun setengah berjinjit.

Dimulai dari rengekan Si Bungsu yang semakin hari semakin sering, tentang keinginannya memiliki peliharaan. Pasalnya, anak tetangga baru saja dibelikan kucing anggora, tak tanggung-tanggung, empat ekor sekaligus. Selain itu, dibangunkan khusus ruangan untuk kucing-kucing ini, ruangan kaca, dengan penataan

Selengkapnya…

Tanpa Gelar

من مناهج البحث

Jelang presentasi ketiga semester ini. Sambil menulis makalah, sambil membiasakan dengan aturan penulisan ilmiah yang ditetapkan kampus. Tidak seberapa berbeda dengan aturan yang digunakan di kampus terdahulu. Di antara hal yang terasa baru adalah keharusan mencantumkan nama penulis tanpa gelar.

Awalnya, ini aneh dan sulit. Bertolak belakang dengan refleks perasaan ingin menghormati orang-orang berilmu sebagaimana mestinya. Betapa tak enak menyebut nama guru-guru yang berjasa mentransfer ilmunya, dengan hanya menyebut nama. Apalagi orang-orang terkenal

Selengkapnya…

Cakrawala

أخذ صورة الحياة

Mama, aku ingin ke tempat di mana garis cakrawala itu berada.
Anakku, itu seperti ingin pergi ke langit.
Keduanya hanya ada bagi mereka yang memandang dari jauh.
Karenanya, jika suatu saat perpisahan terjadi,
usah sedih. Jarak kadang justru mendekatkan,
justru semakin menghadirkan wujud yang esensinya tiada ketika bersama.