Statistik

Online: 1
Visits today: 94
Total visits: 39925

Kepedulian Terhadap Bahasa Arab, Belajar dari Bangsa Cina

Ada beberapa hal menarik yang bisa kita temukan saat beriteraksi dengan pedagang-pedagang keturunan Cina. Pertama, biasanya yang menangani langsung toko itu adalah pemilik atau wakilnya. Suami atau istrinya-kah, kakak, adik, atau anaknya. Kadang-kadang ada pegawainya dari kalangan pribumi, tapi tugasnya hanya sebatas yang bersifat teknis. Kedua, sering kali mereka berdiskusi dalam Bahasa Cina sebelum memutuskan sesuatu. Seakan-akan ada pesan yang tak terucapkan, “Kami punya bahasa yang tidak kalian mengerti. Bahasa nenek-buyut kami.”
Selengkapnya…

JANGAN GANTUNG TAS DI SINI

30cm, Jgn Gantung Tas di Sini

Ketika sedang di kamar kecil bandara SHIA, saya tertegun melihat sebuah pengumuman di atas kaitan penahan pintu agar tidak “menabrak” dinding kaca itu.


“Dilarang menggantung tas”, dilengkapi gambar tas yang dilingkari merah dan tanda silang di diameternya. Di sampingnya, ada bekas tempelan penahan pintu itu.


Skenarionya kira-kira begini:


1. Penahan pintu itu dipasang di tempat yang ada bekasnya itu, lalu jatuh.
Selengkapnya…

Campur Baur Laki-Laki Perempuan

Seorang saudara menanyakan hal terkait bercampur baurnya laki-laki dan perempuan dalam sebuah grup di media sosial. Pertanyaan ini muncul di kepala seperti semak-belukar yang tumbuh mendadak tak beraturan. Saya tahu saya harus segera menatanya agar tak ‘mengganggu pemandangan’.


Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَطِيعُواْ اللّهَ وَأَطِيعُواْ الرَّسُولَ وَأُوْلِي الأَمْرِ مِنكُمْ فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللّهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ

Selengkapnya…