Statistik

Online: 0
Visits today: 0
Total visits: 39925

Mensyukuri Karunia

泳ぎしましょう

Setelah hampir 10 tahun di sini, kemarin adalah “debut-renang” pertama tanpa ada yang menemani. Demi kesembuhan, segala kemalasan dan keengganan harus dilawan. Sudah banyak sekali yang menyarankan saya untuk berenang. Sepertinya lumayan ‘keterlaluan’ tidak mewujudkan penerimaan nasehat itu dalam aksi nyata. Khawatir akan kena semacam karma jika tidak menggubrisnya. Kolam renang kompleks juga sangat bagus dan biasanya sepi.

Sebenarnya niat ini sudah lama, tapi selalu saja tidak jadi karena rasa jengah untuk memulainya. Selalu ingin

Selengkapnya…

Cobaan: Berkaca dari Bawang Putih

الفوم: فيه معان الحياة

Sudah lumrah diketahui umum, bawang putih mengandung khasiat besar untuk stamina tubuh. Dalam Alquran sendiri perihal bawang ini disinggung sebagai aset yang dapat menarik orang untuk melakukan safar demi mendapatkannya (Q.S. 2:61).

Beberapa bulan belakangan, meski mungkin telat, saya baru menemukan cara paling praktis mengupas bawang putih: geprek dulu dengan sisi pisau dan tekanan tangan kanan, setelah itu iris bagian pangkalnya, langsung deh bisa lepas kulitnya. Kalau tidak digeprek dulu, butuh

Selengkapnya…

Senin Pagi

جيد للصحة

Senin pagi adalah waktu yang ‘tidak ringan’; karena dua hari libur di akhir pekan, seringkali jadwal susah diprediksi. Sebagai ibu dan istri, harus siap bermain bersama ‘ombak’ liburan keluarga yang kadang tidak menentu, tergantung ke arah mana angin bertiup dan berapa kecepatannya. Rumah bisa menjadi sangat tidak rapi, karena diajak bepergian tanpa terjadwal rapi sebelumnya. Akibatnya juga, semangat beres-beres menjadi berkurang.

Namun, Islam memberikan alternatif solusi untuk mengurangi tingkat kepayahan hari

Selengkapnya…

Rapi dan Indah, Fitrah Manusia

قهوة مع خبز

Selagi mereka belajar di tempat favorit belajar sekeluarga: meja makan, wangi kopi mulai menyerebak ke seluruh rumah. Kopi dituangkan ke dalam cangkir putih dan alas piring putih. Sebagai pendamping, satu helai roti gandum beroleskan madu royal jeli mengambil tempat di pinggiran piring tatakan.

Si Bungsu mengeluarkan gumaman ketika kopi dan roti tersebut dihidangkan di depan Ayah.

“Kenapa?” tanya saya, mengira dia juga ingin. Tadi sebelum shalat subuh dia bilang mau

Selengkapnya…

Kontemplasi

Yuk Berhenti, Main HP Sambil Jalan

Sudah dua pekan sejak kepulangan dari safar jauh dari tanah air. Namun, revisi untuk persiapan sidang lanjutan belum juga tersentuh secara signifikan. Meski begitu, saya tak suka menyebutnya lalai. Karena jika berkontemplasi, ada hal-hal signifikan yang akan berpengaruh pada kualitas penyelesaian studi yang sudah tercapai dalam dua pekan ini. Alhamdulillah.

Pertama, sudah ikut tes kemampuan bahasa asing, dan hasilnya, memenuhi syarat untuk dijadikan dokumen pelengkap maju sidang lanjutan.


Kedua,

Selengkapnya…