Statistik

Online: 0
Visits today: 0
Total visits: 39925

Cobaan: Berkaca dari Bawang Putih

الفوم: فيه معان الحياة

Sudah lumrah diketahui umum, bawang putih mengandung khasiat besar untuk stamina tubuh. Dalam Alquran sendiri perihal bawang ini disinggung sebagai aset yang dapat menarik orang untuk melakukan safar demi mendapatkannya (Q.S. 2:61).

Beberapa bulan belakangan, meski mungkin telat, saya baru menemukan cara paling praktis mengupas bawang putih: geprek dulu dengan sisi pisau dan tekanan tangan kanan, setelah itu iris bagian pangkalnya, langsung deh bisa lepas kulitnya. Kalau tidak digeprek dulu, butuh waktu lebih lama dan lebih ribet untuk menghasilkan bawang putih bersih tanpa kulit sedikitpun.

Selagi di dapur, penggeprekan bawang putih ini justru mendatangkan kesadaran tentang makna ‘pukulan’, ‘tekanan’, atau singkatnya, ‘cobaan’. Ibarat bawang putih, cobaan dalam hidup justru seringkali membuat masalah menjadi mudah diuraikan. Tanpa cobaan, orang justru cenderung jadi lalai, larut, malah akhirnya jatuh ke lingkaran setan, sulit melepaskan dari jeratan masalah yang saling kait-berkait, entah mana ujung dan pangkalnya.

Karenanya, jika kita merasa berada dalam suatu masalah, yang terpenting sepertinya adalah terus mencoba ‘menggempur’ masalah itu. Bukan diam dan hanya mengharapkan solusi dari satu cara atau satu arah. Cobaan yang bertubi-tubi seringkali menjadi sarana untuk memetakan masalah dan akhirnya melahirkan solusi yang lebih baik. In syaa Allah.

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>